Cara Mencegah dan Mengobati Gusi Bengak

Sebagian besar penyakit yang terjadi pada gusi disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk dan juga disebabkan oleh faktor  usia. Menurut Food and Drug Administration (FDA), lebih dari 75 persen orang yang berusia lebih dari 35 tahun memiliki penyakit gusi. Gejala awal gusi bengak umumnya ditandai dengan gusi yang terasa lebih sensitif dan berdarah. Pada stadium lanjut, gusi mulai menarik diri dari gigi, dan dapat menyebabkan infeksi dan bahkan copotnya gigi. Melakukan perawatan rutin dengan mengunjungi dokter gigi adalah hal yang harus dilakukan terakait dengan gusi bengkak, namun ada banyak lagi cara mencegah dan cara mengobati gusi bengkak yang dapat Anda lakukan sendiri.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati gusi bengkak :


  1. Mengkonsumsi makanan yang sehat. Menjauhi permen, soda dan makanan manis lainnya adalah langkah pertama untuk mencegah maupun meringankankan penyakit gusi bengkak. Makan makanan yang sehat dan seimbang dengan banyak buah dan sayuran akan membantu Anda tetap sehat secara keseluruhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang dapat membantu Anda melawan bakteri penyebab penyakit gusi. Selain itu makanan padat, buah-buahan dan sayuran berserat juga dapat membantu membersihkan dan merangsang gigi dan gusi.
  2. Jangan merokok! Menurut FDA, orang yang merokok mempunyai resiko gusi bengak sebesar tujuh kali lebih banyak dibandingkan dengan yang bukan perokok. Merokok juga dapat berpengaruh negatif terhadap beberapa pengobatan untuk penyakit gusi.
  3. Menghindari stres adalah salah satu cara mengobati gusi bengkak lainnya. Stress mampu menurunkan kekebalan tubuh, sehingga sulit bagi tubuh Anda untuk melawan infeksi penyebab gusi bengkak. Orang yang sedang stres cenderung untuk merapatkan rahang dan gigi. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan jaringan pendukung gigi, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit gusi.
  4. Sikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang secara rutin. Kedua kegiatan tersebut mampu menghilangkan plak dan bakteri pada gusi dan gigi. Menyikat gigi mampu menghilangkan plak pada permukaan gigi, sementara flossing menghilangkan plak di antara gigi dan bagian bawah garis gusi.
  5. Menggunakan baking soda. Sebuah studi selama empat tahun pada akhir tahun 1980 di University of Minnesota menunjukkan bahwa campuran baking soda, garam dan hidrogen peroksida mempunyai kemampuan sama efektif nya dengan pasta gigi komersial  dalam hal menghilangkan plak dan bakteri di dalam mulut.
  6. Mencoba solusi alami dengan pengobatan herbal. Meskipun tidak ada penelitian yang bisa mengukur efektivitas pengobatan herbal, banyak orang mencoba menggunakan berbagai zat herbal untuk menyembuhkan penyakit gusi secara alami. Diantaranya membilas mulut dengan hidrogen peroksida untuk membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan menyikat dengan gel lidah buaya, yang dapat membantu menyembuhkan pendarahan gusi dan mengurangi plak.

Saran dan Anjuran :

Tak satu pun dari rekomendasi dalam artikel Cara Mencegah dan Mengobati Gusi Bengak ini adalah pengganti untuk perawatan gigi yang teratur. Hanya seorang dokter gigi yang berkualitas dapat mengevaluasi dan merekomendasikan perawatan yang tepat untukmengobati gusi bengkak maupun penyakit gusi lainnya.