Cara Mengobati Sakit Pinggang Secara Alami

Memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit merupakan keinginan setiap orang. Namun beragam penyakit mulai dari yang ringan hingga berat terkadang masih sering menghampiri. Salah satu penyakit yang banyak dikeluhkan adalah sakit pinggang. Sakit pinggang terjadi karena adanya ketegangan otot misalnya saat anda menangkat benda yang berat secara mendadak dengan cara yang salah atau bisa juga karena factor usia dimana sering kali terjadi pengapuran tulang belakang. Yang mengakibatkan jepitan saraf.
Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sakit pinggang, mulai dari penyembuhan secara medis hingga menggunakan cara yang alami.

Berikut ini beberapa tips alami tanpa efek samping yang bisa Anda gunakan terkait dengan cara mengobati sakit pinggang :

  1. Cara mengobati sakit pinggang yang pertama, usahakan untuk terus melakukan kegiatan sehari-hari anda. Kegiatan kecil seperti merapikan tempat tidur, jalan-jalan, atau menyapu lantai bisa membuat otot-otot anda tidak menegang. Setelah anda sudah merasa lebih baik, latihan aerobic juga dapat membantu merelaksasikan otot-otot anda yang sedang menegang. Lakukan kegiatan ini secara teratur dan bertahap mulai dari hal-hal kecil yang ringan dan jangan berlebihan.
  2. Jika Anda bekerja di dalam ruangan, sangat dianjurkan untuk menata ruang kerja sehingga Anda tidak perlu membungkuk ke depan untuk melakukan pekerjaan. Gunakan meja kursi yang mendukung pinggang bawah dan memungkinkan kaki anda bersandar pada lantai.
  3. Untuk mengobati sakit pinggang bisa juga dengan cara membuat minuman herbal. Bahan yang diperlukan, 25 gram jahe merah segar + 25 gram temu hitam segar + 30 gram akar sawi langit segar + 30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  4. Jangan membungkuk ketika berdiri atau duduk. Jika pekerjaan sehari-hari mengharuskan Anda untuk tetap duduk dalam jangka waktu yang lama, sebisa mungkin untuk menyempatkan diri berjalan-jalan sebentar atau melakukan peregangan otot ringan untuk mengurangi ketegangan.
  5. Jaga pola hidup sehat dan berolahraga secara teratur. Kurangi kegiatan merokok, karena merokok mengurangi aliran darah ketulang punggung bagian bawah dan menyebabkan cakram tulang belakang mengalami degenerasi.

Semoga empat tips di atas mampu memberikan Anda gambaran tentang cara mengobati sakit pinggang. Selain ke empat tips di atas, memperbanyak konsumsi air putih juga terbukti mujarab mengobati sakit pinggang. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup mampu memperlancar kerja liver sehingga sakit pinggang akan berangsur-angsur membaik.