Mengenal Pohon Jarak Hitam

Pohon Jarak Hitam
Img Source : http://www.laohamutuk.org
Pohon jarak hitam merupakan tanaman yang sudah familiar di masyarakat Indonesia yang biasanya dipergunakan sebagai obat herbal untuk mengobati dari berbagai macam penyakit. Pohon jarak hitam merupakan tanaman dari familia euphorbiaceae yang pada umumnya tanaman ini tumbuh liar di lingkungan yang ada di semak belukar, di lapangan, daerah rerungkutan, tepi jalan bahkan bisa juga dijadikan sebagi pohon hias, tanaman ini bisa tumbuh asalkan tempatnya langsung terkena sinar matahari langsung. Tanaman ini dapat tumbuh di lokasi pada dataran rendah.

Pohon jarak hitam
memiliki batang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas.Warna tanaman ini hijau agak kemerahan, sedangkan daunnya tumbuh berseling berbentuk bulat dan ujungnya sedikit runcing. Biasanya daun jarak berwarna hijau tua pada permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah. Buahnya berbentuk bulat dan berkumpul pada tandan, namun ada juga yang berbentuk sedikit lonjong yang dapat ditemukan pada tumbuhan jarak di daerah Bali. Jenis tanaman pohon jarak hitam ini merupakan tanaman tahunan tumbuhnya tegak lurus dan juga dapat tumbuh tinggi hingga 1-2 meter, batangnya memiliki rambut kelenjar yang kebanyakan berbentuk seperti bintang yang bercabang.


Tanaman jarak hitam ini dapat mengobati berbagai macam penyakit antara lain radang anak telinga, perangsang muntah, demam, sembelit, pembengkakan yang diakibatkan pukulan, penyakit kulit, koreng, radang telinga, kembung, masuk angina, panas dan juga untuk kanker. Cara pengolahan daun jarak agar bisa dipakai obat bagi penderita luka bengkak akibat pukulan dan terjatuh yakni dengan cara menambil beberapa helai daun yang masih segar lalu cuci bersih dan lumatkan. Campurkan dengan sedikit garam, dan tempelkan pada luka yang terjatuh atau bekas pukulan. Untuk penanganan terhadap penyakit kulit daun jarak tadi kemudian direbus dulu dan airnya digunakan sebagai campuran untuk mandi untuk penderita demam juga bisa menggunakan cara ini.

Biji tanaman ini secara tradisional biasa digunakan untuk mengobati penyakit lepra, caranya biji jarak yang sudah dibuang kulitnya dan dihaluskan atau dilumatkan hingga menjadi serbuk dan dapat ditempelkan ke tubuh atau bagian yang terkena sakit lepra, bisa juga ditempelkan pada persendian.

Tanaman jarak hitam ini merupakan sumber minyak jarak dan mengandung zat ricin, sejenis racun. Pohon jarak ini merupakan satu-satunya tumbuhan yang bijinya kaya akan suatu asam lemak hidroksi, yakni asam ricinoleat. Kehadiran asam lemak pada jarak hitam ini membuat minyak biji jarak memiliki kekentalan yang stabil pada suhu tinggi sehingga minyak jarak dipakai sebagai campuran pelumas pada gemuk.