Cara Merawat Kura-Kura Kecil

Cara Merawat Kura-Kura Kecil
Dari berbagai macam jenis binatang peliharaan, salah satu contoh binatang yang menarik untuk dipelihara adalah kura-kura kecil. Bentuknya yang imut akan terlihat cantik jika diletakan ke dalam akuarium mini yang bisa diletakkan dimana saja, baik itu di kantor maupun di rumah. Pada dasarnya kura-kura kecil ini mudah dirawat, jika kita sudah tau bagaimana caranya. Dalam artikel berikut ini, Sudut Bacaaan akan menjelaskan secara mendetail bagaimana cara merawat kura-kura kecil dengan benar.



  • Ukuran Akuarium
Walaupun terlihat simpel, namun kondisi akuarium kura – kura anda harus diperhatikan . tinggi akuarium minimal adalah 3-4 kali panjang tubuh kura – kura. Sehingga kura – kura tidak dapat memanjat keluar. Untk lebar akuariumnya, pastikan ukuranya tidak terlalu sempit untuk memberikan ruang yang cukup bagi kura – kura untuk berenang bebas.
  • Kondisi Air
Air yang ada di dalam akuarium harus diganti setiap hari untuk menjaga kebersihannya. Jumlahnya tidak perlu terlalu banyak, cukup seperempat atau sepertiga akuarium saja. Kura – kura bukanlah ikan yang bernapas dengan insang. Kura – kura masih bernapas menggunakan hidung, sehingga airnya tidak perlu banyak.
  • Tempat Istirahat
Walaupun diletakkan di dalam akuarium, Anda perlu ingat juga bahwa kura – kura adalah hewan amphibi, yaitu hewan yang hidup di dua alam. Oleh sebab itu, kura – kura tidak berenang sepanjang waktu. Terkadang, kura – kura ingin berada di darat untuk mengeringkan tubuhnya dan beristirahat. Jangan lupa sediakan tempat seperti ini di dalam akuarium kura – kura Anda. Tempat istirahat ini bisa menggunakan apa saja. Yang penting, tinggi permukaan tempat ini tidak boleh terlampau tinggi dari permukaan air, sehingga kura – kura kecil Anda masih bisa menjangkaunya.
    gambar kura-kura kecil
  • Makanan
Salah satu cara merawat kura-kura kecil dengan baik adalah dengan memberinya makanan yang baik. Untuk praktisnya, disarankan untuk membeli palet khusus untuk kura – kura kecil. Namun, jangan berpaku pada palet ini saja. Sesekali, Anda perlu merubah menu makanannya supaya kura -  kura Anda tidak merasa bosan. Makanan penggantinya bisa berupa cacing sutra atau daging ikan. Jangan memberikannya sayuran, karena akan menyebabkan masalah pencernaan.
  • Cahaya Matahari
Kura – kura perlu berjemur sesekali tiap harinya. Hal ini dapat menjaga agar cangkangnya tetap bersih dan sehat. Selain itu, sinar UV dari matahari juga dapat membantu kura – kura mencerna makanannya. Untuk itu, pastikan kura – kura Anda mendapatkan cahaya matahari yang cukup banyak setiap harinya.

Cara merawat kura-kura kecil itu cukup mudah, bukan? Jika Anda penyuka binatang tapi tidak terlalu ingin repot mengurusi hewan peliharaan, kura-kura kecil merupakan salah satu pilihan cerdas.