Bunga Kembang Sepatu , Tak Sekedar Hiasan

Diberkahilah Indonesia. Dengan tanah yang subur, konon hampir semua tanaman bisa tumbuh subur di wilayah Nusantara termasuk bunga-bungaan. Salah satu tanaman dengan kelopak bunga yang memikat adalah Kembang sepatu. Kita bisa menjumpainya dengan mudah di Indonesia. Ia lazim dijadikan tanaman hias. Mengapa? Selain kelopaknya yang cantik, tanaman yang satu ini juga ternyata tak memerlukan perawatan khusus. Jadi, bunga kembang sepatu tentu merupakan pilihan terbaik untuk melengkapi taman Anda.

Berkenalan Dengan Si Kembang Sepatu

Bunga Kembang Sepatu
dikenal juga dengan istilah ilmiah Hibiscus rosa-sinensis L. Ia merupakan tanaman semak yang digolongkan ke dalam suku Malvaceae. Konon bunga cantik ini berasal dari tanah Asia Timur. Sebagai tanaman hias, kita bisa menjumpai bunga kembang sepatu dalam berbagai warna, mulai dari merah muda hingga, ungu hingga merah tua. Bunga tanaman ini terdiri atas daun kelopak juga kelopak tambahan atau epicalyx. Bagian mahkota bunganya sebanyak 5 lembar. Tangkai putiknya mirip dengan silinder yang memanjang dan dikelilingi oleh tangkai sari oval. Tanaman kembang sepatu ini bisa mencapai ketinggian 2 hingga 5 meter. Tak sekedar hiasan, tanaman dengan bunga serupa terompet ini juga ternyata ditanam sebagai herba obat.

Mengenal Manfaat Kembang Sepatu


Menanam bunga kembang sepatu di pekarangan Anda merupakan pilihan bijak. Selain untuk menghias taman, ia juga bisa menjadi obat bagi keluarga. Tahukah Anda bahwa kembang sepatu bisa mengobati penyakit semacam batuk lendir dan berdarah, radang pada saluran pernafasan, demam karena malaria, keputihan, godongan, memperlancar haid hingga sariawan. Bagian tanaman yang biasa digunakan adalah daun dan kelopak bunganya. Untuk penyakit sariawan misalnya, resep obat dari bunga kembang sepatu sebagai berikut:
  • Ambil daun kembang sepatu sebanyak 30 gram.
  • Pastikan Anda sudah mencucinya bersih.
  • Kemudian seduhlah daun tersebut dengan air panas sebanyak 100 ml. Diamkan kurang lebih 15 menitan atau sampai dingin.
  • Selanjutnya, saring dan ambillah airnya.
  • Minum ramuan tadi, 3 kali dalam sehari hingga sariawan hilang.

Manfaat bunga kembang sepatu tak hanya sebagai obatan sesungguhnya. Di India misalnya, tanaman ini lazim dimanfaatkan bunganya sebagai semir sepatu juga bunga untuk sesajen. Adapun di Tiongkok, bunga kembang sepatu diolah dan digunakan sebagai pewarna alami. Di Jepang, bunga kembang sepatu lebih jauh lagi. Ia ditanam banyak di pemakaman sebab ia merupakan simbol kehidupan setelah kematian. Bunga sepatu, di Jepang dikenal dengan nama Gushonu Hana.