Si Cantik Bunga Pukul Empat

Jika diminta memikirkan nama bunga, yang terbayang di benak Anda boleh jadi Mawar, Seruni, Angrek, Lily, Melati, Kamboja, Tulip dan sederet nama bunga yang lazim kita dengar sehari-hari. Tapi tahukah Anda, bahwa ada bunga menawan dengan nama yang cukup unik. Boleh jadi Anda belum pernah mendengarnya sebelumnya. Iya, bunga Pukul Empat. Nama unik ini melekat pada bunga cantik tersebut, bukan tanpa alasan. Untuk lebih lanjutnya, silahkan simak uraian berikut ini.

Mengapa Pukul Empat?

Bunga pukul empat atau yang dalam kajian ilmiahnya dikenal dengan nama Mirabilis Jalapa, merupakan tumbuhan hias yang konon kabarnya berasal dari Meksiko. Meski demikian, kini bunga cantik yang satu ini mudah didapatkan di mana saja termasuk Indonesia. Mungkin Anda yang tidak familiar dengan bunga ini akan bertanya-tanya, mengapa dalam bahasa Indonesia tanaman ini diberi nama “Pukul Empat?”. Hal tersebut dikarenakan tabiatnya yang baru mekar di sore hari dan hanya bertahan beberapa jam saja dalam keadaan demikian.

Selain dikenal dengan nama pukul empat, bunga ini juga lazim disebut dengan bunga sore, kembang pagi sore, bunga parengki (Sulawesi), bunga waktu kecil Sumatera), Kaderet, Tegerat (Jawa), Cako Raha (Maluku), dan masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia, bunga pukul empat ini mudah sekali ditemuakn di pekarangan penduduk. Ada beragam varian warna kelopak bunga dari tanaman ini antara lain merah, putih, kuning, merah muda, ungu, kuning dan lain-lain.

Untuk memahami Bunga Pukul Empat lebih lanjut, tak ada salahnya mencermati klasifikasinya dalam ilmu Biologi, sebagai berikut:
  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan dengan pembuluh)
  • Super Divisi : Spermatophyta (Tumbuhan yang menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan yang mampu berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (memiliki keping dua atau dikotil)
  • Sub Kelas : Hamamelidae
  • Ordo: Caryophyllales
  • Famili : Nyctaginaceae
  • Genus : Mirabilis
  • Spesies : Mirabilis jalapa L. 


Dari klasifikasi di atas kita bisa mengetahui bahwa Bunga Pukul Empat termasuk tanaman yang daunnya tidak lengkap sebab hanya terdiri atas helai daun dan tangkai. Bagian tepi daunnya cenderung rata atau integer, letaknya saling berhadapan. Daun pada tanaman ini digolongkan sebagai daun majemuk menyirip genap. Adapun bagian batangnya teres atau bulat dan arah tmbuhnya erectus atau tegal lurus ke atas. Akar tanaman ini tunggal dengan warna putih.

Bunga pukul empat ini baru berbunga setelah ia berusia 3 bulan. Bentuk bunganya mirip dengan terompet berukuran kecil. Ia juga memiliki biji yang bulat dan sedikit berkerut. Secara luas, tanaman ini dikenal sebagai hiasan taman. Namun, di balik kecantikannya, ia juga menyimpan khasiat bagi kesehatan antara lain sebagai anti-inflamasi dan berdifat diuretic atau mempercepat pembentukan urin. Bagian yang banyak digunakan adalah daun dan akarnya.