Cara Merawat Bunga Mawar yang Tepat

Cara Merawat Bunga Mawar
Siapa yang tak kenal dengan bunga mawar? Dengan aroma dan keindahannya yang khas, bunga ini banyak digemari oleh sebagian besar wanita. Bunga mawar banyak dijual di toko bunga. Selain itu, bunga mawar ini juga dapat kita tanam dan rawat sendiri. Cara merawat bunga mawar juga tidak terlalu repot. Hanya membutuhkan kesabaran dan ketelitian untuk hasil yang memuaskan dan menawan pada bunga mawar.

Bunga mawar juga bisa menjadi sebuah simbol rasa cinta dan rasa kasih sayang kepada orang yang kita beri. Bunga mawar memiliki variasi warna bunga yang cerah, sehingga membuat orang langsung menyukai bunga ini. Jadi, tak heran jika bunga mawar ini disebut-sebut sebagai Queen of Flower, yaitu ratunya bunga.  Nah, seperti yang saya katakan tadi, bahwa bunga mawar ini dapat kita tanam dan kita rawat sendiri dirumah ataupun di pekarangan rumah anda. Berikut ini akan kami berikan sedikit tip tentang cara merawat bunga mawar yang tepat.

gambar bunga mawar dalam pot

Pertama-tama, kita harus memilih bunga mawar untuk dimasukkan ke dalam pot. Sebaiknya kita menggunakan pot dengan ukuran besar, gunanya untuk memberi ruang bagi pertumbuhan bunga mawar. Bila tetap memakai pot kecil, maka penyiraman serta pemberian pupuk harus dilakukan lebih sering daripada mawar yang ditanam langsung pada tanah. Hal ini karena mawar yang ditanam langsung ke tanah, akarnya cenderung lebih mampu untuk mencari sumber air.

Kedua adalah pada bagian pemangkasan. Tanaman yang sudah berbunga harus segera dilakukan pemangkasan pada seluruh dahan yang sudah kering, juga pada seluruh tangkai tanaman yang sudah layu dan seluruh cabang yang mengarah pada bagian dalam tanaman. Hal ini dimaksudkan agar bunga mawar memperoleh asupan oksigen serta beberapa zat penting lainnya untuk pertumbuhan.

Yang ketiga berkaitan pada hal pemupukan. Anda bisa menggunakan pupuk organic maupun pupuk khusus bunga mawar yang dapat Anda beli di toko bunga atau toko berkebun. Sebelum melakukan pemupukan, penggemburan tanah itu harus dilakukan terlebih dahulu di daerah batangnya. Kemudian, bersihkan tanah disekelilingnya dari beberapa tanaman pengganggu.

Yang terakhir adalah memperhatikan adanya penyakit dan hama yang dapat merusak tanaman. Pemberantasan penyakit dan hama dapat dilakukan dengan menggunakan obat khusus anti hama.

Demikian cara merawat bunga mawar dari saya. Semoga petunjuk dari kami ini bisa bermanfaat bagi anda. Selamat berkebun.