Cara Merawat Anggrek Bulan yang Tepat

cara merawat anggrek bulan
Dari sekian banyak macam bunga di Indonesia, tanaman anggrek bulan lah yang paling sering diminati oleh kalangan ibu-ibu. Bunganya yang lebar dan anggun ini menjadikan tanaman anggrek bulan sebagai tanaman favorit untuk diletakkan sebagai tanaman hias di halaman rumah. Selain itu, cara merawat anggrek bulan pun tidaklah sulit.

Anggrek bulan dapat tumbuh dengan baik di daerah iklim tropis seperti Indonesia. Spesies anggrek bulan telah menyebar seluruh hutan tropis di Indonesia. Di Taiwan menggunakan anggrek bulan hybrid sebagai usaha skala industri. Dari situ, hasil dari produksinya diekspor ke seluruh Negara khususnya Indonesia. Selain itu, variasi warna pada anggrek bulan juga bermacam-macam, ada yang ungu, merah, kuning, putih, pink dan ada juga yang merah kecoklatan.

Berikut ini beberapa tips tentang cara merawat anggrek bulan yang tepat.



Sinar Matahari
Sinar penuh tidak terlalu dibutuhkan untuk anggrek bulan. Terlalu banyak sinar matahari justru akan menghambat pertumbuhan anggrek bulan Anda. Untuk mengetahui apakah anggrek bulan Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup, dapat dilihat dari warna daunnya. Jika daunnya berwarna hijau cerah, berarti tanaman Anda sudah mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jika warnanya hijau pucat agak kekuningan, berarti tanaman Anda kurang mendapat sinar matahari. Sebaliknya jika tanaman Anda mendapat sinar matahari terlalu banyak, daunnya akan berwarna kecoklatan karena terbakar.
Suhu Udara
Di siang hari, anggrek bulan membutuhkan temperature ideal 30 derajat celcius, sedangkan malamnya membutuhkan 23 derajat celcius. Di daerah tropis, suhu tersebut adalah suhu normal rata – rata. Jadi, mestinya hal ini tidak akan merepotkan Anda.
Sirkulasi udara
Sirkulasi udara yang sangat dibutuhkan adalah ketika hembusan angin yang cukup baik untuk pertumbuhannya. Semakin baik sirkulasi udaranya semakin bagus pula pertumbuhannya pada tanaman anggrek bulan. Untuk itu, pastikan Anda tidak terlalu sering meletakkannya di ruangan tertutup.
Kelembaban Udara
Tingkat kelembaban udara yang ideal untuk bunga anggrek bulan adalah 70%. Jika udaranya terlalu lembab, bunga anggrek bulan akan ditumbuhi jamur dan cenderung cepat layu.
Penyiraman
Bunga anggrek bulan perlu disiram 2 kali sehari. Waktu terbaik untuk penyiraman adalah pukul 07.00 – 09.00 pagi dan pukul 16.00 – 18.00 sore. Jika cuaca sedang sangat panas, maka penyiraman perlu dilakukan hingga 3 kali sehari. Penyiraman yang terbaik adalah dengan menyemprotkan air ke dekat bagian akar bunga. Gunakan air yang bersih dan hindari penggunaan obat – obatan kimiawi sebagai campuran airnya.
Insektisida
Insektisida perlu dilakukan sesekali pada bunga anggrek untuk mecegah hama dan berbagai penyakit tanaman. Usahakan memilih insektisida alami.

Pada dasarnya cara merawat anggrek bulan tidaklah terlampau sulit. Yang penting adalah keseriusan dan ketelatenan dalam perawatannya. Selamat berkebun!