Tips Cara Menyimpan Keju Agar Lebih Tahan Lama

Tips cara menyimpan keju
Ada kalanya ketika Anda diharuskan membeli keju dalam jumlah sangat banyak namun tidak habis pada saat yang bersamaan. Jika hal ini terjadi, maka akan muncu sebuah masalah yaitu bagaimana cara menyimpan keju agar lebih tahan lama sekaligus menjaga agar tekstur dan rasanya tetap. Berikut ini beberapa tips singkat untuk menyimpan keju :

  1. Jika Anda mempunyai wadah dengan tutup kedap udara seperti tupperware, Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan keju. Sebelum ditutup, tambahkan dua atau tiga bongkah gula batu di dalamnya.
  2. Jika tidak memiliki wadah kedap udara seperti pada nomor 1, Anda juga bisa menggunakan kantong plastik yang ada zippernya. Kantong plastik ini cukup efektif untuk mencegah udara agar tidak masuk ke dalamnya. Sebelum di tutup, pastikan agar tidak ada udara yang tersisa di dalamnya. Jika tidak punya kantong dengan zipper, Anda bisa menggunakan kantong plastik biasa, namun sebisa mungkin agar dihilangkan udara di dalamnya dengan vacuum sealer. 
  3. Simpan keju yang Anda tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang dekat dalam freezer setelah menjalankan kedua cara di atas. Anda dapat membekukan keju keras seperti Romano atau Parmesan selama dua tahun. Keju lembut seperti Brie, Camembert, atau Edam selama setahun. Perlu diingat bahwa keju yang dibekukan biasanya rasanya tidak terlalu enak jika dimakan mentah (langsung diserut atau di potong-potong), tetapi akan jadi sangat lezat bila dimasak terlebih dahulu.

Mudah bukan cara menyimpan keju agar lebih tahan lama dan tidak berjamur? Sekarang Anda bisa membeli keju dalam jumlah banyak ketika ada sale atau big discount dan tidak khawatir dengan cara menyimpannya. Selamat mencoba!