Mengurai Klasifikasi Pandan Wangi

Klasifikasi Pandan Wangi
Pernah membayangkan bagaimana rasanya nasi uduk tanpa daun pandan? Atau, bagaimana rasa kue nagasari tanpa daun pandan wangi? Mungkin ada sebagian dari Anda yang mengatakan tinggak ganti dengan daun atau perisa lainnya. Namun bagi mereka yang paham kuliner dan mengerti rasa, nagasari dan kudapan lainnya tak akan lengkap jika tak ada pandan wangi. Memang daun yang satu ini seolah telah lebur dalam budidaya kuliner warisan nenek moyang kita. Rasanya telah melekat di lidah masyarakat Indonesia. Meski populer, tapi tak semua orang mengetahui klasifikasi pandan dalam lingkup ilmu biologi. Tahukah Anda bahwa dalam sistem taksonomi, tanaman bernama latin Pandanus amaryllifolius Roxb. bersepupu dengan buah merah atau Pandanus conoideus?


Dengan mempelajari klasifikasi pandan wangi, kita bisa mengenali kelompok tumbuhan lainnya yang berkerabat dengan si pandan wangi. Berikut tata binomial si pandan wangi ini:
  1. Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
  2. Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
  3. Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  4. Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  5. Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
  6. Sub Kelas: Arecidae
  7. Ordo: Pandanales
  8. Famili: Pandanaceae
  9. Genus: Pandanus
  10. Spesies: Pandanus amaryllifolius Roxb.
Dari klasifikasi pandan wangi tersebut di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa tanaman ini bersaudara dekat dengan jenis pandan lainnya antara lain Pandan Bidur, Pandan Laut atau Pandanus tectorius, Pandan Mlintir atau Pandanus utilis, Pandan Putih atau Pandanus Baphtisii, Pandan Kowang dan juga Pandan Kecil juga Pandan Besar. Sementara itu Pandan Bali atau yang biasa kita gunakan sebagai salah satu tanaman penghias taman bukanlah kerabat dari pandan atau pandanus meski ia memili. Mengapa? Sebab Pandan Bali atau Cordyline Australis masuk ke dalam kerabat Cordyline bukan Pandanus.