Mengenal Ragam Manfaat Bawang Merah

Bawang merah atau Allium Cepa L merupakan salah satu rahasia kelezatan kuliner Asian tenggara pada umumnya dan Indonesia pada khususnya. Hampir semua jenis masakan menggunakan bawang merah ini sebagai salah satu bahan bumbu. Memang, dengan menambahkan bawang merah, cita rasa masakan akan lebih nikmat, kuat dan khas. Tapi, di luar peranannya sebagai bumbu masakan, manfaat bawang merah ini ternyata cukup kompleks utamanya yang berkaitan dengan masalah kesehatan. Sama seperti bawang putih, si bawang merah ini juga menyimpan sejumlah kebaikan yang wajib Anda ketahui. Apa saja?

Kandungan Bawang Merah


Sebelum membedah apa saja manfaat bawang merah ini, tak ada salahnya jika kita memulai dengan kajian seputar kandungan senyawa yang ada di dalam bawang merah. Berdasarkan penelitian komprehensif, bawang merah mengandung beragam senyawa yakni Saponin, Flavonglikosida, minyak atsiri, sikloaliin, florglusin, dihidroaliin, peptide, vitamin C, asam folat, serat dan masih banyak lagi lainnya. Zat yang terkandung di dalam bawang merah inilah kemudian yang menjadi biang di balik manfaat bawang merah yang kompleks.


Beragam Manfaat Bawang Merah

Pernahkah Anda bertanya, mengapa nenek moyang kita mengajarkan agar selalu memakan sate atau makanan yang dibakar lainnya dengan acar bawang merah? Kebiasaan ini memang terkesan sepele tetapi jika Anda tahu kajian ilmiahnya, boleh jadi Anda akan terkejut. Semua makanan yang dibakar akan menyisakan karbon. Jika Anda tak tahu apa itu karbon, cobalah amati bagian yang menghitam pada sate ataupun ikan bakar Anda. Karbon tersebut memang memberi cita rasa yang berbeda pada makanan. Tapi selain itu, ia ternyata bisa memicu kanker di dalam tubuh kita. Ancaman ini cukup serius utamanya bagi mereka yang gemar menyantap makanan yang dibakar. Tapi potensinya bisa direduksi dengan memakan kuliner tersebut lengkap dengan irisan bawang merah mentah. Iya, salah satu manfaat bawang merah adalah melawan kanker di dalam tubuh kita. Mengapa? Sebab bawang merah kaya akan senyawa bermanfaat seperti sulfur. Senyawa ini bisa melindungi tubuh dari kanker payudara, usus, prostat dan lain-lain.

Selain menghalau kanker, bawang merah memiliki beragam manfaat lainnya yang kami rangkum sebagai berikut:
  1. Mengatasi sembelit. Bawang merah mampu membuang zat racun serta makanan yang mengeras dan terjbak di dalam usus kita. Jadi, jika Anda mengalami sembelit, makanlah bawang merah mentah.
  2. Mengatasi Pendarahan. Manfaat bawang merah yang satu ini sudah dikenal sejak dahulu kala. Hermoid atau wasir bisa diatasi dengan cara mengiris bawang merah dan kemudian hiruplah aromanya secara perlahan. Lakukan berulang-ulang hingga keluhan Anda lenyap.
  3. Membantu meringankan gejala diabetes. Berdasarkan kajian klinis, bawang merah terbukti mampu memaksimalkan produksi insulin. Dengan demikian, jika Anda menderita diabetes mellitus, upayakanlah mengkonsumsi bawang merah mentah secara rutin per harinya.
  4. Melindungi organ jantung. Manfaat bawang merah yang satu ini telah terbukti secara medis. Bawang merah mampu menurunkan potensi terkena serangan jantung koroner. Konsumsi teratur bawang merah juga bisa menormalkan tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang sedang dalam keadaan tersumbat. Arteri yang bebas dari subatan akan berdampaik baik bagi kesehatan Anda.