Apa Saja Manfaat Lidah Buaya?

Siapa yang tak kenal lidah buaya? Tanaman unik ini cukup mudah dijumpai di Indonesia. Lidah buaya atau dikenal juga dengan istilah Aloe Vera merupakan tumbuhan multiguna. Berkat tampilannya yang menawan, ia kerap kali difungsikan sebagai penghias taman. Di lain sisi, aloe vera juga lazim digunakan dalam industri kuliner dan juga kosmetika bahkan obat-obatan. Memang, kandungan senyawa yang tersimpan di dalam aloe vera cukup kompleks. Karena itu, wajar jika kemudian manfaat lidah buaya ini juga menjadi beragam. Apa saja? Silahkan simak uraian berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan


Ada beragam manfaat lidah buaya bagi kesehatan kita, antara lain:
  1. Berdasarkan penelitian Dr. Bill Wolfe di tahun 1969, ditemukan fakta bahwa lidah buaya sangat ampuh membunuh bakteri jenis Staphylococcus Aereus yang sering menyebabkan infeksi.
  2. Penelitian S. Levnson dan K. Somova membuktikan bahwa ektrak lidah buaya bisa membantu meringankan sakit gigi dengan cara menyuntikkan ekstrak tersebut pada bagian gigi yang sakit.
  3. Lain lagi dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh John Heggars, ia mendapati fakta bahwa kandungan asam salsilat lidah buaya memiliki sifat layaknya aspirin yang mampu mengendalikan rasa sakit serta memiliki sifat anti-infeksi juga anti-mikroba.
Selain manfaat lidah buaya yang dibuktikan secara ilmiah di atas, terdapat pula beberapa manfaat lainnya yang telah dibuktikan oleh masyarakat umum, antara lain:
  1. Membantu meringankan radang tenggorokan.
  2. Menyembuhkan ambeien.
  3. Membantu melancarkan buang air besar.
  4. Mampu menormalkan kadar gula di dalam darah.
  5. Membantu penyembuhan mereka yang terkena alergi.
  6. Mengontrol kesehatan mulut dan melenyapkan bakteri pengganggu di bagian oral.
  7. Dll
Manfaat Lidah Buaya Untuk Kecantikan


Dalam dunia kecantikan, lidah buaya menjadi salam satu elemen penting terkait perawatan komprehensif yang bersifat alamiah. Manfaat lidah buaya untuk kecantikan ini sangat beragam antara lain:
  1. Mengatasi keluhan di rambut seperti rambut rontok, rambut tipis, rambut kering, kebotakan, dan serangan ketombe. Kandungan zat yang ada di dalam bagian daging daun lidah buaya ini memang dikenal ampuh merawat rambut. Hal ini telah diketahui sejak ratusan tahun silam. Untuk mendapatkan manfaat lidah buaya ini, cukup aplikasikan daging daun lidan buaya di kepala Anda. Pijat lembut selama 15 menit dan kemudian diamkan kurang lebih 30 menit. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya. Keampuhan lidah buaya ini terlihat dari gencarnya produsen kosmetika (khususnya produk untuk rambut) gencar menggunakan lidah buaya dalam bahan baku mereka.
  2. Selain untuk rambut, ternyata lidah buaya juga ampuh melawan jerawat di wajah Anda. Caranya mudah saja, cukup oleskan daging daun lidah buaya pada wajah yang berjerawat, diamkan hingga kering dan bilas bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal.
  3. Manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk meminimalisir kerusakan jaringan kulit yang diakibatkan api atau medium panas lainnya. Caranya, cukup sering oleskan daging daun lidah buaya pada luka Anda.
  4. Fakta lain tentang lidah buaya terkait kecantikan adalah kemampuannya memperlambat penuaan pada kulit, mengurangi efek buruk sinar UV, mengencangkan kulit dan menghidarkannya dari kekusaman.