Mengurai Khasiat Bawang Merah Bawang Putih

Kuliner Indonesia kabarnya dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Meski terkesan subjektif, tetapi harus diakui, Nusantara memang memiliki beberapa keunggulan dalam hal cita rasa masakan. Sebagai warga Indonesia, Anda patut berbangga hati. Tahukah Anda, dunia telah mengukuhkan Rendang sebagai makanan terbaik di dunia. Mengapa? Sebab rasa rendang memang menggigit. Dan istimewanya, ia hanya ada di Indonesia. Apa rahasia di balik kelezatan rendang dan juga makanan Indonesia lainnya? Jawabannya tentu bumbu dan rempah-rampah. Jika Anda bertanya lebih spesifik lagi, maka salah satu yang wajib untuk disebut adalah bawang putih bawang merah. Istimewanya, selain menyumbang rasa yang khas pada masakan, khasiat bawang merah bawang putih ini juga baik untuk kesehatan manusia! Mau tahu apa saja khasiat tersebut?


Khasiat Bawang Merah

Dalam dongeng nusantara, bawang merah diwujudkan dalam sosok yang kejam dan suka menindas. Boleh jadi hal ini disebabkan keunikannya yang membuat air mata bercucuran saat dikupas. Khasiat bawang merah ini sangat beragam, salah satu yang terbaik adalah membantu melawan kanker. Tahukah Anda mengapa nenek moyang kita mengajarkan kebiasaan mengkonsumsi acar bawang merah saat menyantap makanan yang dibakar? Jawabannya untuk melindungi tubuh kita dari potensi terkena kanker. Makanan yang dibakar mengandung karbon dioksida yang jika tidak dibatasi, akan memicu sel kanker. Nah, bawang merah adalah salah satu cara menetralkan karbon dioksida ini.

Khasiat lain bawang merah ini adalah menguatkan anggota tubuh, melancarkan buang air kecil juga BAB, menetralkan tekanan darah, membunuh kuman, membantu meringankan flu, membantu menormalkan syaraf di usus, meredakan hidung tersumbat, membantu kinerja empedu dan masih banyak lagi lainnya. Mengapa khasiat bawang merah ini kompleks? Sebab kandungan senyawa yang ada di dalamnya juga kompleks, mulai dari vitamin, asid karbid, zat besi hingga fosfor.

Khasiat Bawang Putih


Khasiat bawang putih tak kalah dari bawang merah. Salah satunya adalah untuk meredakan demam juga flu disertai batuk, menguatkan sisitem imun, mencegah dan mengobati rematik, meredakan radang tenggorokan, menyehatkan ginjal, mengobati radang juga infeksi pada kandung kemih, membantu proses pemulihan gangguan liver dan masih banyak lagi lainnya.

Khasiat bawang merah bawang putih ini bisa Anda dapatkan dengan cara yang menyenangkan. Sebab, tidak sama seperti obat, bawang merah dan bawang putih justru akan terasa enak sebab ia memang bumbu masakan. Meski demikian, tak ada salahnya sekali-kali menyantap kedua bawang ini dalam keadaan mentah ya. Misalnya saja dijadikan acar. Sebab, saat dipanaskan, ada sejumlah nutrisi bawang merah bawang putih yang ikut menguap.