Apa Saja Khasiat Bawang Putih?

Bawang putih merupakan “saudara kembar” bawang merah. Hanya saja mereka dibedakan warna pun kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Dalam kajian ilmiah, bawang putih dikenal dengan istilah Allium sativum. Ia dikelompokkan ke dalam genus Allium dan lebih spesifik lagi digolongkan ke dalam family Liliacea. Di Asia Tenggara, penggunaan bawang putih sebagai bahan bumbu masakan dan juga obat-obatan sudah sangat lazim. Nenek moyang kita memang mewariskan paradigm bawang putih sebagai salah satu kebaikan alam. Jauh sebelum terdeteksi kajian ilmiah, khasiat bawang putih sudah dikenal hampir di seluruh kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Apa saja khasiat yang dimaksud? Silahkan simak uraian kami berikut ini.

Untuk Kesehatan Sampai Kecantikan

Kandungan senyawa yang tersimpan di dalam bawang putih cukup beragam antara lain vitamin C, B juga K, senyawa aliin, Fe, sejumlah mineral penting, kalsium dan masih banyak lagi lainnya. Kandungan senyawa kompleks ini merupakan sumber khasiat bawang putih yang kompleks. Berikut kami rangkum sejumlah khasiat tersebut untuk Anda.

  1. Bawang putih ampuh melawan pembekuan darah sebab ia mengandung senyawa alisin yang memang mampu mengurai kebekuan di dalam darah. Selain itu, senyawa alisin ini juga bisa mengurangi keluhan mereka yang terkena diabetes serta mereka yang terkena penyakit tekanan darah tinggi.
  2. Selain senyawa alisin, bawan putih juga mengandung senyawa lain bernama alil. Senyawa ini dikenal bisa menanggulangi penyakit degenetarif (kanker, hipertensi, stroke, diabetes, jantung dll) dan istimewanya ia mampu merangsang pertumbuhan sel baru sehat dalam tubuh manusia.
  3. Khasiat bawang putih selanjutnya adalah untuk mengobati penyakit rematik. Caranya, ambil 15 gram akar bawang putih dan campur dengan 5 butir cengkeh juga sebuah mengkudu mengkal. Haluskan semua bahan dan minum sekali sehari.
  4. Bagi Anda yang terkena gejala bronchitis, ambil bawang putih sebanyak 1 siung, tambahkan dengan jahe sebanyak 15 gram, tambahkan buah mengkudu mengkal sebanyak 3 buah. Cuci semua bahan-bahan dan kemudian rebus dengan air secukupnya. Minum ramuan ini sekali sehari. Tambahkan madu jika Anda tak suka rasanya.
  5. Khasiat bawang putih bagi mereka yang sedang batuk-batuk juga cukup nyata. Caranya, ambil 1 siung bawang putih dan tambahkan dengan buah belimbing. Blender keduanya dan kemudian ambil airnya. Minum setiap hari sampai batuk-batuk hilang. Jika tak suka rasanya, tambahkan madu secukupnya.
  6. Untuk mecegah radang selaput otak bagian belakang, konsumsilah bawang putih sebanyak 5 gram setiap kali Anda makan. Setelahnya, cucilah mulut dengan air garam. Lakukan selama 3 hari dalam seminggu.
  7. Apabila Anda terkena radang lambung yang akut, tumbuklah bawang putih sebanyak 6 gram bersama dengan garam secukupnya. Setelah halus, seduh dengan air matang yang hangat dan minum sebanyak 1 sampai 2 kali dalam sehari. Lakukan hingga penderita merasa lebih baik.
  8. Mencegah keracunan. Khasiat bawang putih yang satu ini telah banyak dibuktikan masyarakat. Jika Anda mengalami hal yang sama, cukup ambil 6 gram bawang putih dan bersihkan kemudian makan sebanyak 2 kali dalam sehari.
  9. Mengobati kanker payudara. Khasiat bawang putih yang paling tersohor adalah mengobati kanker termasuk kanker payudara. Caranya, ambil 3 siung bawang putih dan tambahkan dengan brokoli sebanyak 200 gram. Keduanya dikukus selama 20 menit lalu kemudian dihaluskan. Tambahkan air dan madu lalu minum. Lakukan secara rutin setiap hari sampai kondisi membaik.
  10. Apabila Anda terkena kanker paru-paru stadium awal, ambillah bawang putih sebanyak 5 biji. Lalu blender bersama dengan air matang secukupnya. Minum setiap hari secara rutin.
  11. Bagi Anda yang memiliki bekas jerawat atau gigitan nyamuk, oleskan bawang putih setiap hari akan membantu memudarkan noda tersebut.
  12.  dll.