Beragam Manfaat Biji Anggur

Apel dan Anggur, keduanya merupakan buah yang populer sejak ratusan tahun yang lalu. Buah dengan rasa nikmat ini bahkan selalu identik sebagai persembahan bagi dewa dewi. Tapi, jika biji buah Apel mengandung sianida yang beracun maka Anggur justru sebaliknya. Buah berukuran mungil ini juga menyimpan kebaikan pada bebijiannya. Manfaat biji anggur ini telah lama diketahui masyarakat di Eropa. Dahulu, kulit yang sedang bermasalah lazimnya disembuhkan dengan biji anggur yang telah dilumatkan. Menuju era yang lebih modern, biji anggur kemudian diolah menjadi beragam produk misalnya ekstrak biji anggur dan juga minyak biji anggur. Keduanya cukup populer dalam industri kecantikan, kuliner maupun kesehatan.

Manfaat biji anggur bukanlah isapan jempol semata. Para peneliti membuktikan bahwa biji mungilnya mengandung sejumlah senyawa penting antara lain Zn atau seng, mangan atau Mn dan sejumlah mineral penting lainnya. Selain itu, biji anggur ini juga diketahui mengandung senyawa lain bernama endungeoned pycnogenol. Ia berperan dalam menguatkan fungsi kolagen dalam tubuh sehingga kulit tetap sehat, pembuluh darah tetap fleksible dan mencegah gejala stroke.


Selain itu, biji anggur juga diketahui mengandung senyawa anti-oksidan yang tinggi. Karena itu, salah satu manfaat biji anggur ini adalah untuk memelihara kesehatan sel tubuh manusia, membuat awet muda dan lebih kebal terhadap serangan penyakit. Berdasarkan penelitian tokoh bernama Shiuan Chen PhD dari Beckman Research Institute, biji aggur mengandung senyawa tertentu yang bisa menekan aktifitas hormon estrogen yang terlalu berlebihan dan bisa berbuntut pada kanker payudara. Hal ini terkait dengan kandungan grape seed proanthocyanidins/GSPs yang memang diketahui ampuh menghambat kerja estrogen.

Selain hal tersebut di atas, senyawa grape seed proanthocyanidins/GSPs juga terbukti mampu menghalau efek buruk sinar UV yang jika dibiarkan akan memicu zat karsiogenik atau pencetus kanker. Dengan senyawa grape seed proanthocyanidins/GSPs, potensinya bisa direduksi.

Manfaat biji anggur lainnya yang belum diketahui banyak orang adalah peranannya meningkatkan libido pada pria. Kurangnya gairah seks disebabkan oleh nutrisi yang tidak seimbang. Biji anggur yang mengandung sejumlah mineral terbukti mampu meningkatkan kulitas seks pada pria. Hal ini sejalan dengan penelitian Dr. Febri dari Universitas Muhammadiyah Malang. Seialin itu, ia juga menyatakan bahwa biji anggur juga sangat baik membantu peradangan prostat pada pria.

Manfaat biji anggur selanjutnya adalah menjaga keremajaan Anda. Mengapa? Sebab kandungan grape seed proanthocyanidins/GSPs atau biasa juga disebut OPC mempunyai kekuatan anti-oksidan 20 kali lipat dibandingkan dengan Vitamin C, E dan juga A. Keunikan senyawa grape seed proanthocyanidins/GSPs membuat ia lebih ampuh melawan radikal bebas sehingga ia sangat baik melawan gejala penuaan.

Meski manfaat biji anggur ini sungguh kuar biasa, namun Anda tetap dilarang mengkonsumsinya terlalu berlebihan sebab akan membuat Anda sering buang air keci. Hal ini seungguhnya tidak berbahaya hanya saja merepotkan. Selain itu, jauh lebih baik jika Anda menghaluskan biji anggur dan campurkan dengan buah lainnya agar lebih berkhasiat. Pilih buah anggur dengan warna yang gelap sebab kualitas bijinya dua kali lipat lebih baik. Jika Anda tidak ingin direpotkan kegiatan memilih biji anggur, tak ada salahnye membeli langsung kapsul ekstrak biji anggur atau minyak biji anggur.