Sudah Tahu Manfaat Biji Rambutan?

Bagi mereka yang hidup di negeri tropis, tentu sudah familiar dengan buah bernama rambutan. Sama seperti namanya, buah ini memang memiliki permukaan kulit unik layaknya helai rambut. Warna kulit buahnya hijau saat muda, dan perlahan berubah menjadi kuning terang atau merah cerah saat matang. Daging buah rambutan ini memiliki tekstur lembut dan berair. Tak berwarna dan juga tak beraroma. Meski demikian, jangan sangsikan rasanya. Segar, nikmat dan akan membuat Anda ketagihan lagi dan lagi. Jika Anda penikmat rambutan sejati, tentu Anda juga paham mengenai bijinya. Iya, biji rambutan memiliki sejumlah manfaat. Karena itu, setelah menyantap daging buahnya, pastikan Anda tidak membuang bijinya begitu saja ya! Manfaat biji rambutan wajib Anda ketahui lebih lanjut. Kami merangkumnya dengan senang hati untuk Anda.

Anjuran untuk tidak membuang biji rambutan Anda rasanya tidak berlebihan sebab bebijian ini sangat ampuh melawan penyakit utamanya diabetes. Menurut para ahli, biji rambutan ini tidak berbahaya sama sekali. Malah, ia mengandung sejumlah senyawa penting antara lain karbohidrat, protein, lemak dan masih banyak lagi lainnya. Lebih lanjut, diketahui pula bahwa senyawa di dalam biji rambutan ini memiliki khasiat hipoglikemik yakni ampuh menormalkan kadar gula di dalam darah. Bagaimana cara mendapatkan manfaat biji rambutan tersebut?

Caranya sangat mudah dan sederhana, yakni:
  1. Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang telah mengkal. 
  2. Pisahkan daging buah dari biijinya kemudian bersihkan.
  3. Setelahnya, potonglah menjadi beberapa bagian kecil dan selanjutnya sangrai dengan api sedang. 
  4. Setelah biji rambutan tersebut berubah warna menjadi kuning kehitaman, matikan api dan kemudian simpan biji tersebut di wadah. 
  5. Setelah dingin, tumbuklah biji rambutan tersebut hingga halus sempurna. 
  6. Setelah itu, ambil bubuk biji rambutan dan seduh dengan air panas. Diamkan sampai seduhan dingin dan air berpisah dari ampas. 
  7. Minumlah seduhan bubuk biji rambutan tersebut kurang lebih 1 sampai 3 kali dalam sehari, 30 menit sebelum Anda menyantap makanan. Apabila Anda mengidap diabetes parah, konsumsilah minuman ini dengan rutin setiap harinya.
Manfaat biji rambutan ini membuat buah nikmat dengan rasa manis yang khas ini semakin istimewa. Jadi, jangan buang biji rambutan Anda ya!