Pernah Mencoba Buah Kesemek?

Jika anak-anak sekarang diberi pertanyaan sama seperti judul di atas, pasti hampir semua dari mereka akan menjawab tidak. Bahkan mungkin mendengar namanya saja belum pernah. Iya, sama seperti buah yang dianggap lokal lainnya, kesemek memang tidak begitu populer utamanya bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Padahal buah dengan rasa yang unik ini sangat nikmat dikonsumsi. Selain itu, manfaat buah kesemek ini juga ternyata sangat beragam. Jadi, cukup sayang juga jika Anda dan anak Anda melewatkannya. Memang cukup sulit mendapatkan buah yang satu ini. Tapi jika Anda mau, bisa saja berburu buah kesemek di pasar-pasar tradisional.

Bukan Buah Asli Indonesia

Banyak di antara kita yang mengira buah kesemek merupakan buah lokal asli Indonesia. Anggapan ini mungkin lahir karena dibandingkan dengan buah lainnya, tampilan kesemek memang tak elok. Di pasaran ia sering dijumpai dalam keadaan “cemong”. Padahal sebenanrya ia memiliki kulit dan warna buah yang hampir menyerupai apel. Sayangnya, rasa sepat pada buah kesemek membuat ia terpaksa harus diperam terlebih dahulu dengan menggunakan air kapur. Tapi, sama seperti pepatah luar yang megatakan ‘Do Not Judge A Book From Its Cover’, sebab kadang tampilan itu menipu. Kesemek memang tak elok dipandang mata, tapi rasanya membuai lidah.

Buah kesemek dikenal juga di belahan dunia lainnya. Di daratan Eropa dan Amerika Serikat, ia dikenal dengan nama Oriental Persimmon. Smeentara itu, dalam kajian ilmiah, buah kesemek ini dikenal dengan nama Diospyros Kaki. Kata “kaki” melekat bukan tanpa arti. “kaki” sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti zat tannin. Memang kesemek menghasikan zat tannin yang melimpah. Zat inilah kemudian yang menyumbang rasa sepat pada kesemek. Namun rasa ini akan semakin memudar seiring dengan usia buah. Saat kesemek matang sempurna, yang dominan adalah rasa manis yang menggoda.

Sudah Tahu Manfaat Buah Kesemek

Tahukah Anda bahwa buah yang berasal dari Republik Rakyat Cina ini sebenarnya mengandung banyak senyawa penting? Senyawa tersebut jika dikonsumsi secara teratur akan memberi efek bagus pada tubuh manusia. Kesemek banyak mengandung karbohidrat terutama glukosa dan juga fruktosa. ia juga diperkaya dengan vitamin A serta kalium. Di dalam kesemek juga dijumpai senyawa likopen yang dikenal sebagai sumber anti-oksidan yang baik, bahkan lebih ampuh dari vitamin C dan E sekalipun! Kandungan lain buah kesemek adalah polifenol, betakaroten, serat, tannin dan masih banyak lagi lainnya.

Bicara soal manfaat, buah kesemek diketahui mampu mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah, menjaga tekanan darah Anda agar tetap stabil. mencegah kanker sebab likopennya tinggi, memelihara organ paru-paru, menjaga tubuh agar tetap ideal, menguatkan limpa, memelihara kelenturan pembuluh darah, menghambat penuaan dini serta masih banyak lagi lainnya.



Nah, jadi jangan lagi menilai buah kesemek dari tampilan luarnya ya! Selamat berburu kesemek.