Sejuta Manfaat Si Buah Markisa

Banyak di antara kita yang telah paham betul kandungan dan manfaat sejumlah buah “eksklusif” seperti apel, anggur, strawberry, kiwi dan banyak lagi lainnya. Kecenderungan ini tak salah. Namun, menjadi kurang tepat jika kemudian diam-diam kita mengesampingkan buah lainnya. Terutama buah-buah lokal yang ada di negeri ini. Percayalah, buah-buah lokal ini memiliki manfaat terbaik sama seperti buah lainnya. Salah satu yang wajib Anda konsumsi adalah buah markisa. Tak hanya rasanya yang asam manis menyegarkan, buah ini istimewa sebab ia mengandung senyawa pembangun yang penting bagi tubuh. Pasti banyak di antara kita yang belum tahu manfaat buah markisa. Kalau begitu, tak ada salahnya menyimak uraian berikut ini, bukan?


Klasifikasi dan Morfologi

Dalam ilmu botani, buah markisa diklasifikasikan sebagai berikut:
  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Spermathopyta
  • Ordo: Malpighiales
  • Famili: Passifloraceae
  • Genus: Passiflora
  • Spesies: P. edulis
  • Nama binomial : Passiflora edulis

Buah markisa memiliki bentuk bulat sempurna. Saat muda kulit buahnya berwarna hijau muda dan saat matang ia akan berubah warna menjadi dua, bisa ungu bisa kuning. Di Indonesia sendiri, markisa ungu tumbu di dataran tinggi sementara si kuning bisa dijumpai di dataran rendah. Kedua jenis markisa ini memiliki rasa yang kurang lebih sama. Tanaman buah markisa ini tumbuh merambat. Ia banyak dijumpai tumbuh liar di hutan tropis.

1001 Manfaat Buah Markisa

Buah ini memiliki rasa yang memikat. Didominasi manis dan kemudian dilengkapi dengan rasa asam yang samar membuat markisa sangat cocok dijadikan buah pelepas dahaga. Tak hanya nikmat dikonsumsi, buah ini juga mengandung kebaikan, antara lain:
  1. Sama seperti buah lainnya, markisa juga kayak akan serat alamiah yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan kita. Pencernaan yang baik akan membuat penyerapan nutrisi makanan. Nah istimewanya, jika Anda diserang sembelit yang menjengkelkan, konsumsi saja buah markisa. Ia memang bekerja sama seperti obat pencahar yang ringan.
  2. Kandungan anti-oksidan pada buah markisa cukup tinggi. Dengan demikian ia bisa menjadi buah yang membantu Anda menangkal radikal bebas penyebab kanker dan penuaan dini.
  3. Manfaat buah markisa lainnya adalah untuk meringankan keluhan para penderita asama. Markisa diketahui bisa menenangkan serangan asam karena ia banyak mengandung vitamin c. Ia bekerja dengan cara memblokor histamine yang menjadi pemicu serangan asma.
  4. Jika Anda sedang tegang, minumlah segelas jus markisa. Kandungan di dalam buah ini bisa merelaksasi saraf Anda dan membangkitkan mood yang buruk.
  5. Jika Anda terserang penyakit insomnia akut, konsumsi markisa. Ia memberikan efek mengantuk yang baik sehingga Anda akan merasa nyaman dan siap untuk tidur.
  6. Sama seperti buah lainnya, markisa kaya akan sejumlah vitamin dan juga senyawa pendukung lainnya. Karena itu, ia dianjurkan untuk dikonsmsi sehari-hari. Vitamin dan senyawa di dalam markisa bisa menguatkan sistem imun Anda serta melawan infeksi, meningkatkan kualitas penglihatan, memelihara organ penting seperti jantung dan masih banyak lagi lainnya.
  7. Manfaat buah markisa lainnya adalah sebagai sahabat diet yang baik. Buah ini mengandung jumlah kalori yang sangat rendah. Adapun kadar gula yang ada di dalamnya ada pada takaran yang baik sehingga tidak akan menyumbang kalori yang berlebih. Selain itu, ia membantu Anda untuk tetap kenyang sebab ia kaya akan serat.