Mengenal Manfaat Buah Rambutan

Nephelium Lappaceum atau yang lebih dikenal dengan nama rambutan, adalah buah tropis dengan ciri yang unik. Kara “rambutan” yang mengekor pada buah ini bukan tanpa arti. Sebab jika diamati, memang kulit buahnya memiliki untaian serupa rambut. Buah nikmat ini kabarnya berasal dari Negara Asia Tenggara. Jadi jangan heran jika rambutan juga banyak ditemukan di Negara lain selain Indonesia. Pohon rambutan menyukai suhu tropis yang berkisar di angka 25 derajat celcius. Buah musiman ini biasanya mulai berbunga saat musim kemarau. Oleh karena keberadaannya yang melimpah, kadang buah rambutan dianggap sebagai buah minor yang kualitasnya jauh di bawah buah lain. Padangan ini sesungguhnya salah sebab manfaat buah rambutan ini juga sama seperti buah lainnya. Jadi, siapa bilang mengkonsumsi rambutan hanya sebatas mengenyangkan saja?


Meski buahnya tidak beraroma dan tidak berwarna, tetapi kandungan senyawa yang ada di dalam buah rambutan ini sama saja dengan buah lainnya. Para peneliti menjumpai sejumlah senyawa antara lain kalium, vitamin C, zat besi, protein, fosfor, kalsium, tannin, saponin, serat, air dan masih banyak lagi lainnya. Dalam hitungan sederhana, 3 buah rambutan mengandung kalori sebanyak 69 kalori, karbohidrat sebanyak 18,1 gram, dan vitamin sebanyak 58 mg. Sementara itu kadar serat di dalam rambutan berkisar di angka 2 gram per 100 gram berat buah rambutan itu sendiri. Angka ini cukup tinggi. Oleh sebab itu, salah satu manfaat buah rambutan adalah sebagai patner mereka yang berdiet. Ia dikenal baik dalam menjaga pun menurunkan berat badan.

Manfaat buah rambutan lainnya adalah membantu memelihara kesehatan sistem pencernaan manusia. Serat yang tinggi pada rambutan akan menghindarkan Anda dari sistem pembuangan yang macet alias sembelit. Serat ini juga membuat lambung jauh lebih sehat. Sementara itu, rasa manis pada rambutan akan menyokong energi extra untuk Anda sebab gula yang terdapat dalam buah ini adalah jenis gula sederhana yang gampang dicerna. Hal lain yang penting diketahui adalah konsumsi buah rambutan (sama seperti jenis buah lainnya) akan membantu Anda lebih sehat dan terlihat segar. Kebiasaan mengkonsumsi buah memang selalu baik, termasuk rambutan.