Manfaat Sereh Bagi Kesehatan

Manfaat Sereh
Sereh atau yang juga dikenal dengan nama serai merupakan tanaman yang berkerabat dengan rumput-rumputan. Meski demikian, oleh karena rasa khasnya, sereh populer dijadikan salah satu bumbu makanan khususnya di kawasan Asia. Di Indonesia sendiri, tanaman bernama latin Andropogon nardus ini sudah lama dikenal oleh leluhur kita. Jahe memiliki aroma yang khas. Aroma tersebut bersumber dari kandungan minyak atsirinya yang tinggi. Sereh populer digunakan sebagai bahan dapur sebab rasa yang ditimbulkan cukup nikmat. Tapi tahukah Anda, bahwa di balik rasanya yang khas, manfaat sereh juga ternyata sangat beragam? Bagi mereka yang menghendaki sehat secara alami, boleh jadi sereh adalah jawabannya.

Beragam manfaat sereh telah dirasakan banyak orang. Tanaman ini mampi mengobati radang pada lambng, saluran kemih, usus dan juga luka lainnya. Hal ini wajar sebab sereh memang mengandung senyawa yang bersifat anti-mikroba juga anti-bakteri. Manfaat lain sereh adalah menjaga kesehatan organ ginjal sebab ia bersifat diuretic. Ia juga diketahui mampu meredakan kejang, tifus, keracunan makanan, menghilangkan bau badan dan juga penyakit rematik. Tak berneti sampai di situ, sereh juga dipercaya mampu menurnkan panas saat demam sebab senyawa yang ada di dalamnya memang bersifat anti-piretik.

Mengapa manfaat sereh begitu beragam? Jawabannya ada pada sederet senyawa penting yang terkandung di dalamnya. Di dalam sereh terdapat senyawa antara lain mirsen, sitronelal, limonen, borneol, n-desialdehida, a-terpineol, terpinil astet, kariofilen oksida, geranilformat, metil heptanenon, bornilasetat, sitrat, a-pinen, sitronelol, felandren beta, cis-osimen, kamfen, sabinen, p-simen, terpinol, metilheptenon, geraniol, terpinen -4-ol, dipenten, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, geranil butirat, geranial, lomonen, metileugenol farnesol dan eugenol.

Untuk mendapatkan manfaat sereh dalam mengusir flu dan batuk, Anda cukup mengambil batang sereh sebanyak 5 gram dan cuci bersih. Setelah itu memarkan dan kemudian rebus bersama 1 gelas air bersih. Durasi perebusan kira-kira 16 menit. Selanjutnya, minum air tersebut di pagi dan malam hari masing-masing seperdua gelas.
 
Untuk mendapatkan manfaat sereh dalam mencegah kanker, Anda cukup merebus sereh sebanyak 100 gram bersama 2 gelas air bersih. Panaskan hingga 15 menit dan minum di pagi dan sore hari masing-masing setengah gelas. Menurut penelitian di Universitas Gurion Israel, setiap 100 gram sereh bisa menangkal sel kanker sebab senyawa anti-oksidannya dalam jumlah yang tepat. Sereh mampu mematikan sel kanker dan mencegahnya merusak sel yang sehat.


Untuk Anda yang menginginkan manfaat sereh dalam hal detoksifikasi, cukup rebus sereh sebanyak 70 gram dengan air sebanyak 100 cc. Kemudian minum air rebusan tadi di pagi hari sebelum Anda mengkonsumsi makanan atau minuman lainnya. Biarkan sejam sebelum Anda menyantap makanan lainnya.

Selain untuk kesehatan, sereh juga ternyata bisa digunakan sebagai aroma relaksasi yang mampu menstimulus otak agar rileks. Selain itu, manfaat sereh dalam mengusir nyamuk juga sangat ampuh. Jika Anda menanam tanaman sereh di kebun, nyamuk akan menjauh. Sereh memang diketahui mengandung minyak serai yang bersifat repelen. Minyak sereh ini mengandung senyawa bernama sitronela yang memang sangat dibenci nyamuk.