Cara Menyimpan Buah Pisang Agar Tetap Awet

cara menyimpan pisang
Pisang merupakan salah satu buah tropis yang kini menjadi komoditas internasional dengan nilai ekonomis yang cukup menjanjikan. Namun sama seperti buah lainnya, pisang cenderung mudah rusak terutama ketika cuaca sedang panas. Ketika cuaca panas, pisang akan lebih cepat matang. Hal inilah yang menyebabkan ketika sedang hendak dikirim ke luar negeri, pisang dipanen ketika masih dalam keadaan masih hijau dan disimpan dalam peti kemas yang disesuaikan suhunya hingga 15 derajat celcius agar tidak lekas masak.

Nah, jika Anda suka membeli pisang dan menjumpai bahwa pisang Anda tidak mampu bertahan lebih dari tiga hari, maka tips di bawah ini mungkin akan bisa membantu dalam menyimpan buah pisang agar tetap segar dalam waktu yang lama :


  1. Ketika hendak memilih pisang, usahakan jangan memilih pisang yang terlalu tua. Sebisa mungkin carilah pisang yang masih menyisakan sedikit warna hijau agar bisa disimpan lebih lama secara natural.
  2. Simpan pisang di ruang yang sejuk dan terhindar dari panas matahari secara langsung. Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan pisang lebih cepat matang dan busuk sebelum waktunya.
  3. Jika Anda sudah membeli pisang dalam keadaan matang sekali, maka Anda bisa menyimpannya dalam lemari es. Biasanya ketika dimasukkan ke dalam lemari es, kulit pisang akan lebih berwarna cokelat kehitaman namun bagian dalamnya akan tetap berwarna putih cerah. Penyimpanan dalam lemari es akan membuat pisang mampu bertahan selama 4 hari. Jika Anda ingin menyimpan untuk jangka waktu yang lebih lama, kupas buah pisang dan seal dalam plastik kedap udara kemudian masukkan ke dalam freezer. Pisang yang dibekukan mampu bertahan hingga berbulan-bulan.
Nah, mudah bukan cara menyimpan pisang agar tetap awet. Ada beragam informasi menarik terkait dengan buah pisang yang bisa Anda ketahui. Untuk membaca artikel lainnya mengenai pisang, Anda dapat mengunjungi blog berikut ini : Artikel Tentang Pisang.