Alergi Udang : Ciri-Ciri dan Cara Menanganinya

Udang merupakan salah satu sumber protein yang selain memiliki kandungan nutrisi sangat baik, juga memiliki rasa yang lezat. Namun satu hal yang sering dikeluhkan oleh para penikmat udang adalah timbulnya gejala alergi udang. Alergi udang merupakan salah satu jenis alergi makanan yang paling umum. Semua orang baik yang berusia tua maupun yang masih muda dapat mengalaminya. Gejala alergi udang dapat muncul tanpa peringatan, bisa jadi muncul setelah satu menit, satu jam, atau bahkan lebih dari dua jam setelah mengkonsumsi udang. Biasanya alergi udang muncul setelah makan udang yang berukuran kecil. Menderita alergi udang bukan berarti serta merta Anda akan mengalami masalah yang sama ketika mengkonsumsi seafood lainnya seperti cumi, kepiting, atau lobster.



Penyebab Alergi Udang

Alergi udang merupakan gangguan kekebalan genetik. Pasien yang memiliki riwayat keluarga yang alergi terhadap makanan atau lingkungan tertentu diketahui lebih rentan terhadap alergi udang. Penelitian terbaru menunjukkan, bahwa konsumsi udang dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang relatif lama juga dapat menyebabkan alergi bahkan pada orang yang tidak memiliki alergi.

Gejala Alergi Udang

Berdasarkan data sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa alergi udang umumnya timbul tidak lama setelah pasien mengkonsumsi udang. Gejala tersebut umumnya muncul tidak lebih dari dua jam setelah mengkonsumsi udang. Beberapa gejala yang mungkin terjadi akibat alergi ini meliputi : gatal-gatal, kemerahan di kulit, pembengkakan bibir, sesak napas, penurunan tekanan darah, muntah dan diare.

Penanganan dan Pencegahan

Jika Anda mendapati diri Anda sendiri atau orang lain di sekitar mengalami gejala alergi udang, segera hubungi pihak medis untuk mendapatkan perawatan secara intensif. Bila alergi tersebut tidak terlalu parah, biasanya secara tradisional masyarakat Indonesia sering menggunakan air kelapa hijau untuk menawarkan racunnya.

Untuk pencegahan, sebisa mungkin hindari makanan yang terbuat dari udang. Hindari restoran seafood yang menyajikan udang karena umumnya minyak yang digunakan untuk menggoreng udang juga digunakan untuk memasak bahan makanan lainnya.

Img source : Flickr.com