Cara Mudah Atasi Batuk Rejan

Batuk Rejan
Penyebab Batuk Rejan

Batuk merupakan salah satu penyakit yang sering diderita oleh setiap orang yang sebagian besar disebabkan karena adanya masalah pada sistem pernafasan. Salah satu jenis batuk yang kerap kali menyerang anak dibawah usia 1 tahun adalah batuk rejan. Jenis batuk ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri bacterium Bordetella dan B. parapertussis

Batuk rejan banyak dikenal dengan nama batuk pertussis, dan bisa diderita oleh seluruh kelompok usia. Batuk jenis ini akan sangat membahayakan bila yang diserang adalah bayi berusia di bawah 1,5 tahun. Lalu apakah sebenarnya batuk rejan itu? Batuk akut merupakan batuk yang berlangsung tak lebih dari 2 minggu. Kemudian batuk kronis merupakan batuk yang bisa berlangsung lebih dari 3 bulan. Batuk kronis berulang yang kerapkali menyerang anak-anak bisa dikarenakan oleh asma, pertussis, dan juga tuberculosis. Pertussis ini merupakan batuk kronis yang dikarenakan oleh kuman bernama bordetella pertusis.



Batuk rejan adalah batuk yang menular dan bisa menular melalui bersin, batuk, dan juga muntah yang dialami oleh si penderita. Proses dari terjadinya penularan batuk ini yaitu kuman/bakteri penyakit yang terbang dan terhisap oleh orang lain yang berdekatan dengan si penderita. Penderita dari batuk rejan ini mayoritas adalah anak-anak berusia antara 5 hingga 13 tahun, namun tidak menutup kemungkinan individu yang berusia kurang atau lebih dari usia itu bisa terjangkit penyakit ini.

Tanda-tanda terjangkit batuk rejan:
  • Batuk yang terus menerus dan membuat si penderita seakan tak memiliki kesempatan bernafas sama sekali.
  • Si penderita kadangkala akan muntah saat batuk
  • Pusing dan susah tidur
  • Tubuhnya terasa sangat lemas seakan tidak memiliki tenaga

Cara mengobati batuk pertusis (rejan) secara alamiah


Bahan-bahan yang harus kita sediakan pertama kali adalah belimbing, garam dapur, serta air putih secukupnya. Kemudian cara untuk membuat ramuannya adalah kita harus menumbuk 10 buah belimbing yang masih segar sampai halus, lalu kita tambahkan sebanyak 2 sendok makan garam dapur ke dalam adonan belimbingnya. Remas-remaslah tumbukan belimbing dan garamnya dan kita saring untuk diambil airnya. Setelah itu ramuan yang dihasilkan bisa kita gunakan untuk mengobati batuk jenis ini. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sembuh total dari batuk rejan ini, minum ramuan ini dua kali sehari dan diminum teratur setiap hari sampai sembuh.

Pengobatan secara alami memang sangat dianjurkan karena tidak memiliki efek samping, namun apabila memungkinkan konsultasikan dahulu dengan dokter atau para pekerja medis profesional lainnya.