Cara Merawat Bunga Melati Air

Cara Merawat Bunga Melati Air
Salah satu tanaman hias yang sangat eksotis serta rajin berbunga adalah Melati Air. Sebelum membahas mengenai bagaimana cara merawat bunga melati air ini, sebaiknya kita simak dulu beberapa penjelasan mengenai tanaman indah yang satu ini. Tanaman hias ini memiliki begitu banyak kelebihan. Selain rajin berbunga yang tidak mengenal musim, tanaman yang memiliki nama latin Echinodorus palaefolius juga memiliki bentuk daun yang begitu eksotis yaitu semakin ke atas semakin lebar.

Nah, cara merawat bunga melati air ini memang gampang-gampang susah. Hambatan yang sering ditemui adalah tanaman ini kadang dihinggapi oleh beberapa gangguan, yaitu antara lain adalah karat di daunnya, dan munculnya bercak kuning pada daun yang dikarenakan oleh tetesan air hujan. Untuk menghindari adanya penyakit karat ini, kita harus menghindarkan tanaman ini dari tetesan air hujan secara langsung.


Bunga melati air ini memiliki warna putih dan berbunga sepanjang waktu. Bunga itulah yang dipakai guna pembiakan. Usai mekar dan tunasnya keluar, maka daunnya pun akan keluar. Daun itulah yang akan dipotong serta ditancapkan pada media tanam. Nah, yang perlu diperhatikan di sini adalah tingkat stress melati air ini lumayan tinggi. Maka dari itu bila kita ingin memecah bunganya, ada baiknya kita berhati-hati. Bila dipecah, maka tanaman ini bisa stress, walaupun tidak sampai mengakibatkan kematian. Paling-paling hanya daunnya saja yang hangus ataupun kering.

Lalu untuk mengatasinya adalah kita harus memotong daun yang stress itu, sementara tunasnya harus langsung kita tanam dan tak perlu kita pecah-pecah lagi. Hal ini dimaksudkan agar saat yang satu rusak, maka daun yang lain masih dapat berkembang dan masih bagus. Nah, begitu akarnya sudah tumbuh, maka tanaman ini bakal mencari dengan sendirinya tanah yang tepat untuk dirinya. Yang paling penting adalah tanaman air ini dapat berdiri dengan tegak, dan ia akan otomatis menyesuaikan dirinya sendiri.

Lalu untuk perawatan tiap harinya yang lain yaitu kita harus rajin check apakah terdapat kutu hitam ataupun belalang di tanaman kita. Kutu hitam ini bisa membuat daunnya tak dapat membesar, dan hama yang satu ini bisa cepat menular serta berkembang biak.

Sesuai Ditanam Dimana Saja

Penempatan tanaman hias ini dapat di mana saja. Bunga melati air ini dapat ditanam di seluruh areal rumah kita tanpa terkecuali. Apakah itu di halaman belakang kita, di samping, ataupun pada halaman depan rumah kita. Mengenai wadahnya ataupun potnya, bentuk yang bisa kita gunakan harus kita sesuaikan dengan konsep rumah kita secara keseluruhan. Bila konsep rumah kita adalah tropis, maka bentuk pot yang harus kita pilih adalah yang natural. Lalu jika rumah kita minimalis, maka kita harus memilih pot berbentuk geometris. Untuk material potnya kita dapat memilih pot yang berbahan gerabah ataupun batu alam. Namun cara merawat bunga melati air di pot ini harus hati-hati bila kita ingin memindahkannya, jangan sembarangan.