Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Salah satu masalah umum yang dialami oleh anak dan balita yang selalu dikeluhkan oleh para ibu adalah anak yang susah makan. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mengatas masalah ini dan tetap saja hasilnya belum memuaskan. Bahkan tidak jarang para ibu menjadi tertekan dan stres dalam menghadapi buah hatinya. Setiap ibu pasti diliputi kekhawatiran soal asupan gizi buah hatinya. Belum lagi bila buah hatinya selalu pilih-pilih makanan. Berikut ini beberapa cara mengatasi anak susah makan yang dapat membantu anda:
  1. Ciptakanlah suasana makan yang menyenangkan dengan kreasi yang dapat anda lakukan. Bisa dengan bercerita atau mendongeng, mendengarkan music, atau mengajak makan dengan teman-temannya.
  2. Hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak. Gunakan nada suara yang lembut dan jelaskan arti pentingnya makan buatnya. 
  3. Libatkanlah anak Anda untuk menyiapkan makanannya sendiri. Selain mengenalkan jenis makanan yang bisa dikonsumsi, kegiatan ini juga cukup menyenangkan.
  4. Berikan anak makanan sesuai dengan tahap makanannya.
  5. Berikan makan secara sedikit demi sedikit, tetapi usahakan sesering mungkin.
  6. Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.
  7. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.
  8. Variasikan jenis makanan yang diberikan. Hindari memberikan makanan yang itu-itu saja. Makanan baru bisa membuat anak lebih bersemangat makan.
  9. Usahakan menyajikan makanan semenarik mungkin. Rasa makanan memang sangat penting agar anak lebih sering makan, namun tekstur, rasa dan warna makanan juga mampu mengundang selera.
  10. Gunakan piranti saji dengan bentuk dan warna yang menarik. Pilih piranti berlabel food grade sehingga aman dan tidak mencemari makanan anak anda.
  11. Cara mengatasi anak susah makan yang terakhir adalah memberi kesempatan pada anak untuk memilih menu yang disukainya. Gantilah jika anak bilang tidak menyukai makanan itu dan tanyakan jenis makanan apa yang diinginkan.

Itulah 11 cara mengatasi anak susah makan yang kami bagikan untuk anda. Tidak perlu langsung cemas apabila anak Anda makan tidak terlalu banyak seperti anak lainnya. Mungkin saja memang sejumlah itulah yang dibutuhkan anak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Suplemen makanan dapat diberikan pada anak untuk mencukupi vitamin dan mineral yang dibutuhkan bila tidak tercukupi dari asupan makanannya. Namun, ada baiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter perihal pemberian suplemen makanan kepada anak.