Manfaat Bunga Kamboja Kering dan Getah Kamboja Bagi Kesehatan

bunga kamboja kering
Sebelum membahas mengenai manfaat bunga kamboja kering, mungkin lebih baik bila kita mengenal bunga ini lebih jauh terlebih dahulu. Bunga kamboja yang memiliki nama latin Plumeria, telah diabadikan dari nama salah satu botani yang berasal dari Prancis yaitu Charles Plumier, yang menjadi orang pertama yang menemukan tumbuhan ini saat melakukan perjalanan menuju dunia yang baru yaitu Amerika di abad 16 yang lalu dengan misi untuk mendokumentasikan fauna serta flora yang banyak terdapat di sana. Menurut studi, asal usul tumbuhan plumeria ini memang tak dapat ditentukan dengan sangat pasti, diperkirakan menyebar mulai dari daerah tropis kepulauan Pasifik di daerah Amerika yang beriklim hangat sebab di daerah itulah bunga kamboja ditemukan untuk yang pertama kalinya.


Sejak dulu, masyarakat kita secara turun temurun sangat percaya bahwa getah bunga kamboja ini mempunyai kemampuan hebat guna mengatasi sakit gigi, namun jangan sampai getah ini tertelan. Jika sampai tertelan biasanya akan muncul gangguan pencernaan dan disertai dengan pusing hebat karena keracunan.

Getah bunga kamboja mempunyai unsur yang sangat kuat guna mengurangi masa tulang sehingga sanggup menghancurkan gigi serta tulang. Jika kita memiliki gigi berlubang yang sangat sakit, kita bisa meneteskan getah bunga kamboja ini. Maka akan terjadi reaksi dengan perlahan berupa penghancuran gigi itu hingga habis dan tak akan sakit lagi. Bahkan, gigi kita yang tak berlubang akan hancur juga saat terkena getah ini.

Getah dari bunga kamboja ini mempunyai kandungan antiseptic yang sanggup menghilangkan gatal pada sela-sela kaki. Namun untuk kulit lunak yang lainnya, kita sangat tak disarankan untuk memakainya sebab dapat menyebabkan iritasi maupun luka yang jauh lebih parah. Bahkan jika getah ini mengenai mata kita, akan bisa menyebabkan kebutaan bila tak segera kita cuci dengan air. Untuk sekilas, memang tanaman ini hanya terkesan sebagai tumbuhan hias perindang yang memiliki bunga harum. Namun khasiat utama dari tanaman ini justru terletak pada bunga itu.

Bunga kamboja kering yang sempurna jika kita gunakan dengan tepat bisa begitu berguna untuk kesehatan kita yaitu bisa digunakan untuk menurunkan panas, menyembuhkan demam, radang tenggorokan ataupun gusi, mengatasi bibir pecah-pecah, mengatasi masalah pencernaan yang tak stabil, meningkatkan nafsu makan, dan juga membuat buang air besar kita lebih normal. Bunga kamboja kering ini juga sangat cocok untuk digunakan sebagai minuman pada saat musim panas. Selain itu, bunga ini juga memiliki kandungan beberapa zat aktif lainnya yang sangat bermanfaat untuk mencegah kanker paru-paru.